SOAL CERDAS CERMAT ALKITAB (CCA)

hai sobat muda yang dikasihi Tuhan Kita Yesus Kristus, syaloom... 

Kali ini kami Persekutuan Pemuda Gereja Protestan Indonesia di Papua Jemaat Elim Abepura (PPGPI Papua) akan membagikan sedikit berita firman Tuhan dalam bentuk Soal Cerdas Cermat Alkitab.

kiranya dapat melatih kita semua dalam pengetahuan alkitab... 

SOAL CERDAS CERMAT ALKITAB (CCA) 

A. PERJANJIAN LAMA 

I. KEJADIAN – ULANGAN 

1. Allah menciptakan semesta alam dan juga termasuk penciptaan bumi dan langit serta segala isinya dalam enam (6) hari. Sebutkanlah apa ciptakan oleh Allah pada hari ketiga (2) ?....................................................

Jawaban : Cakrawala (Kejadian 1 : 6 – 8 )

2. Dengarkanlah dengan baik bunyi Firman Tuhan berikut ini : “ Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka : Beranak cuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan – ikan di laut dan burung – burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.” Firman Tuhan yang baru dibacakan terdapat dalam Kitab apa ? dan sebutkan juga Pasal dan ayat berapa ?

Jawaban : Kejadian 1 : 28

3. Di tengah – tengah Taman Firdaus seperti tercatat dalam Kejadian 2:10 – 14, ada mengalir empat (4) buah sungai. Sebutkanlah nama keempat (4) sungai tersebut?

Jawaban : Pison, Gihon, Tigris dan Eufrat

4. Sebutkanlah berapa umur Abraham ketika Ishak lahir ?

Jawaban : Abraham berumur 100 tahun (Kejadian 21 : 5)

5. Selama kurang lebih 40 tahun orang Israel mengembara di Padang Gurun, begitu banyak peristiwa yang mereka alami dalam pengalaman rohani mereka di dalam Kitab Keluaran 15 : 22 – 26 dicatat bahwa suatu ketika orang Israel bersungut – sungut kepada Musa, karena air yang mereka jumpai itu pahit dan tidak bisa meminumnya. Sebutkanlah nama tempat tersebut ?

Jawaban : Mara

6. Ketika orang Israel hendak keluar dari tanah Mesir mereka mendapat hambatan yang cukup besar dari Firaun yang tidak mau membebaskan mereka. Sehingga Tuhan mendatang sepuluh tulah atas Mesir, barulah Firaun mau membiarkan orang Israel pergi. Sebutkanlah tulah Tuhan yang kelima (5)

Jawaban : Penyakit Sampar Pada Ternak (Keluaran 9 : 1 – 7 ) Keterangan Tulah – Tulah yang lain : Tulah Ke -1 : Air menjadi darah (Kel 7 : 14-25) Tulah Ke -2 : Katak (Kel 8 : 1-15) Tulah Ke-3 : Nyamuk (Kel 8 : 16-19) Tulah Ke-4 : Lalat Pikat (Kel 8 : 20-32) Tulah Ke-6 : Barah (Kel 9 : 8-12) Tulah Ke-7 : Hujan Es (Kel 9 : 13 – 35) Tulah Ke-8 : Belalang (Kel 10 : 1 – 20) Tulah Ke-9 : Gelap Gulita Tiga Hari (Kel 10:21-11:1) Tulah Ke-10 : Anak Sulung Mati (Kel 12:29-30)

7. Bangsa Israel ketika berada di dekat gunung Sinai, Musa naik ke gunung itu dan menerima sepuluh (10) Hukum Tuhan (Dasa Titah) dari TUHAN. Sebutkanlah Bunyi Hukum Tuhan (Dasar Titah) yang ketiga yang terdapat dalam Keluaran 20: 7 ?

Jawaban : Jangan menyebut nama TUHAN, Allahmu, dengan sembarangan, sebab TUHAN akan memandang bersalah orang yang menyebut nama-Nya dengan sembarangan.

8. Dalam Imamat 10 : 1 – 7 ada tercatat kematian dari kedua (2) anak Harun ketika mereka tanpa diperintah mereka mengambil pembaraan, membubuhkan api dan mempersembahkan kepada TUHAN api yang asing. Sehingga TUHAN menghanguskan mereka berdua. Sebutkan kedua nama anak Harun tersebut ?

Jawaban : Nadab dan Abihu

9. Harun dan Miryam tidak menyetujui Musa memperisterikan seorang perempuan Kush, sebagai akibatnya Miryam mendapat penyakit Kusta di wilayah manakah peristiwa tersebut terjadi ?

Jawaban : Hazerot (Bilangan 12 : 1 – 16 khusus jawaban ada pada ayat 16a )

10. Lengkapilah ayat berikut ini yang terambil dari Ulangan 6 : 4 : “Dengarlah, hai orang Israel : …………………………………………… , TUHAN itu esa !

Jawaban : TUHAN, itu Allah kita

11. Sebutkanlah nama perempuan yang menolong menyelamatkan dua (2) orang pengintai Israel yang dikirim oleh Yosua mengintai kota Yerikho, sehingga mereka tidak dapat ditangkap oleh Raja Yerikho ?

Jawaban : Rahab (Yosua 2 : 1 – 24 )

12. Sebutkanlah dalam usia berapakah Yosua bin Nun pengganti Musa memimpin Bangsa Israel masuk tanah Kanaan wafat/meninggal ?

Jawaban : 110 (Seratus Sepuluh) Tahun (Yosua 24:29-31)

13. Sebutkanlah nama seorang Nabiah dan Hakim Perempuan yang merupakan rekan sekerja Barak yang tercatat dalam Kitab Hakim – Hakim 4 : 1 – 5 : 31 ?

Jawaban : Debora

14. Pada zaman para Hakim hiduplah seorang Imam Besar dan Hakim yang bernama Eli. Ia seorang yang beibadat, tetapi lemah dalam mendidik kedua anaknya laki – laki. Sebutkanlah kedua nama anak laki – laki tersebut ?

Jawaban : Hofni dan Pinehas ( I Samuel 2 : 12-17, 22,25,27-36)

15. Sebutkanlah Tiga nama saudara laki – laki dari Raja Daud yang merupakan anak – anak Isai, yang ketika Samuel datang ke Betlehem hendak mengurapi Daud sebagai Raja atas Israel ?

Jawaban : Eliab, Abinadab dan Syama (1 Samuel 16 : 1 – 13)

16. Sebutkanlah nama anak dari Yonatan sahabat Raja Daud, yang adalah cucu dari Raja Saul yang cacat kakinya , yang dikemudian hari setelah Yonatan meninggal dipelihara hidupnya oleh Raja Daud ?

Jawaban : Mefiboset (2 Samuel 4 : 4 - 9 dan 9 : 1 – 13)

17. Raja Salomo adalah seorang raja yang berhikmat di dalam Kitab I Raja – Raja 4 : 32 tercatat bahwa ia menggubah amsal dan nyanyian. Sebutkanlah berapa jumlah amsal dan nyanyian yang digubah oleh Salomo ?

Jawaban : 3000 (Tiga Ribu) Amsal dan 1005 (Seribu Lima) Nyanyian

18. Sebutkanlah berapa jumlah isteri dan gundik dari Raja Salomo ?

Jawaban : 700 (Tujuh Ratus) Isteri dari kaum bangsawan dan 300 (Tiga Ratus) Gundik ( I Raja – Raja 11 : 1 – 3)

19. Ketika Salomo wafat (meninggal) Kerajaan Israel terbagi dalam dua Kerajaan, yang diperintah oleh dua (2) Raja berbeda. Sebutkanlah nama kedua (Kerajaan tersebut dan nama Kedua (2) Rajanya ?

Jawaban : 1. Kerajaan Israel Selatan/Yehuda (Ibu Kotanya Yerusalem) nama Rajanya Rehabeam anak Salomo. 2. Kerajaan Israel Utara (Ibu Kotanya Samaria dan nama Rajanya Yerobeam. ( I Raja – raja 12:1-33).

20. Pada zaman Raja dan Ratu siapakah Nabi Elia Hidup dan bernubuat dan menyebabkan Elia harus melarikan diri karena ketakutannya setelah pembunuhan terhadap nabi – nabi Baal di Gunung Karmel ?

Jawaban : Raja Ahab dan Ratu Izebel (I Raja – Raja 18 : 20 – 19 : 1 - 18)

21. Yosia adalah seorang raja muda yang berusia delapan (8) tahun ketika menjadi Raja atas Yehuda dan selama kurang lebih 31 tahun memerintah di Yerusalem dan Ia raja yang melakukan pembaharuan. Nama ayahnya adalah Amon. Sebutkanlah nama Ibu dari Raja Yosia yang dikisahkan dalam 2 Raja – Raja 22 : 1 - 23 : 30 ?

Jawaban : Yedida binti Adaya ( 2 Raja-Raja 22 : 1)

B. PERJANJIAN BARU

1. Sebutkanlah nama kedua (2) orang tua dari Yohanes Pembaptis ?

Jawaban : Zakharia Dan Elisabet (Lukas 1 : 5 – 25)

2. Lengkapilah kalimat berikut ini yang diucapkan oleh Tuhan Yesus ketika Ia datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan dan ditolak disana yang tercatat dalam Lukas 1 : 18 – 19 ! “Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab itu Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan …………………………………………………………………; dan Ia telah mengutus Aku kepada orang – orang tawanan, dan penglihatan bagi orang – orang buta, untuk membebaskan orang – orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang.

Jawaban : “kabar baik kepada orang – orang miskin;”

3. Doa Bapa Kami Yang Di Surga yang diajarkan oleh Tuhan Yesus kepada murid – murid – Nya terdapat dalam kedua Kitab Injil Di Perjanjian Baru. Sebutkanlah nama kedua (2) Kitab tersebut beserta Pasal dan ayat – ayatnya yang berkaitan dengan isi doa tersebut ?

Jawaban : Matius 6 : 9 – 13 dan Lukas 11 : 2b. Keterangan dalam Injil Lukas Doa Bapa Kami lebih diringkas sehingga pendek tidak seperti di Matius.

4. Khotbah Yesus Di Bukit yang berisikan Ucapan Bahagia, Garam Dunia dan terang Dunia, Yesus Dan Hukum Taurat, Hal Memberi Sedekah, Hal Berdoa sampai dengan Dua macam dasar, terdapat dalam Kitab apa dan sebutkan dari pasal berapa sampai pasal berapa ?

Jawaban : Matius Pasal 5 – Pasal 7

5. Dalam Markus 1 : 3 diungkapkan bagaimana Yohanes adalah utusan Allah mendahului Yesus Kristus. Untuk itu lengkapilah ayat 3 berikut ini : “ada suara orang yang berseru – seru di padang gurun : ……………………………………………….bagi-Nya.

Jawaban : Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan

6. Siapakah orang yang mengucapkan kata – kata berikut ini ketika bertemu dengan kedua orang Yesus, yang ketika itu Yesus berusia 8 hari di bawa ke Bait Allah untuk Di Sunat. “Sekarang, Tuhan, biarkanlah hamba-Mu ini pergi dalam damai sejahtera, sesuai dengan firman-Mu, sebab mataku telah melihat keselamata yang dari pada-Mu. Siapakah orang tersebut ? Sebutkanlah !

Jawaban : Simeon ( Lukas 2 : 21 – 35)

7. Dalam Kitab Injil Matius Pasal dan ayat berapakah cerita Angin Ribut Di redakan oleh Yesus ? Sebutkanlah ?

Jawaban : Matius 8 : 23 – 27

8. Sebutkanlah kedua saudara perempuan dari Lazarus ?

Jawaban : Maria dan Marta (Yohanes 11: 1 – 44)

9. Peristiwa apa yang diceritakan dalam Yohanes 2 : 1 – 11, sebutkanlah ?

Jawaban : “ Perkawinan di Kana”

10. Ketika Yesus menampakkan diri kepada Tomas terdapat percakapan karena keraguan Tomas akan kebangkitan Yesus Kristus. Apakah Isi dari Yohanes 20 : 29 yang juga menjadi salah satu kata – kata yang terukir di atas batu nisan seorang Rasul Papua. Sebutkanlah isi ayat tersebut yang dimulai dengan Kata Yesus Kepadanya ?

Jawaban : “Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya.”

11. Setelah Yesus terangkat ke Surga seperti yang disaksikan oleh Kisah Para Rasul pasal 1 : 6 dstnya, maka pada ayat 15 diberitahukan mengenai jumlah saudara – saudara yang sedang berkumpul dan menantikan pencurahan kuasa Roh Kudus. Sebutkan berapa jumlah orang yang menantikan ?

Jawaban : 120 (Seratus Dua Puluh) orang

12. Dalam Kisah Para Rasul 3 : 11 – 26, Petrus bersama Yohanes tetap diikuti oleh orang banyak setelah mereka menyembuhkan seorang lumpuh yang selalu duduk di Gerbang Indah Bait Allah. Sehingga pada waktu itu Petrus berkhotbah bagi banyak orang yang mengikuti mereka. Apakah nama tempat di mana Petrus berkhotbah ?

Jawaban : Serambi Salomo

13. Sebutkanlah nama tanah yang dibeli oleh Yudas Iskariot setelah ia menjual Yesus dan Ia mati terkelungkup dan perutnya tertumpah keluar?

Jawaban: Tanah Darah, atau Hakal-Dama

14. Dalam kisah mengenai cara hidup jemaat Kristen mula – mula, hidup mereka itu nampak hal kasih dan saling membagi menjadi hal utama dalam kehidupan mereka. Namun di tengah – tengah kehidupan yang baik ada sepasang suami isteri yang menjual tanahnya dan membohongi Petrus dengan mengatakan bahwa semua hasil penjualan tanah mereka itu yang mereka bawa dan serahkan kepada Rasul. Namun ternyata mereka berbohong dan akhirnya meninggal secara tragis. Kisah ini dicatat dalam kitab apa, pasal berapa dan ayat – ayat berapa ? dan siapakah nama sepasang suami Isteri tersebut ?

Jawaban : Kisah Para Rasul 5 : 1 – 11 Ananias dan Safira

15. Siapakah nama seorang Diaken yang dilempari dengan Batu sampai mati dan Saulus juga setuju atas kematian orang tersebut ?

Jawaban : Stefanus (Kisah Para Rasul 7 : 54 -8:1)

16. Paulus ketika menjadi seorang tawanan dan hendak di bawa ke kota Roma untuk di penjara di sana, kapal yang ditumpanginya terkenal angin badai (Timur Laut) dan terdampar di sebuah pulau dan di pulau tersebut Paulus digigit oleh ular beludak. Sebutkanlah nama pula tersebut ?

Jawaban : Pulau Malta (Kisah Para Rasul 27 : 14 – 28 : 10)

17. Sebutkanlah dalam Kitab Perjanjian Baru manakah? beserta pasal dan ayat – ayat berapakah ? yang berisikan nasihat Paulus yang mengatakan Banyak Anggota tetapi satu tubuh. Dan mengibaratkan kehidupan orang percaya itu seperti fungsi anggota tubuh manusia yaitu mata, tangan, kaki, telinga dan sebagainya yang sesungguhnya saling membutuhkan dan penting. Dan orang percaya itu sesungguhnyalah Tubuh Kristus dan anggota – anggotanya.

Jawaban : I Korintus 12 : 12 – 31

18. Lengkapilah ayat berikut ini yang terambil dari 2 Korintus 8 : 15 : “Seperti ada tertulis : Orang yang mengumpulkan……………………….., ……………………………kekurangan

Jawaban : banyak, tidak berkelebihan dan orang yang mengumpulkan sedikit, tidak

19. Filipi Pasal 2 : 5 – 7 merupakan nats yang sangat penting yang dikemukakan oleh Paulus tentang siapa sesungguh Yesus Kristus dan berisikan nasihat kepada orang percaya di jemaat Filipi supaya bersatu dan merendahkan diri seperti Kristus. Berikut ini lengkapilah ayatnya yang keenam (6)! “yang walaupun …………………………………………………………………, …………………………………….. yang harus dipertahankan,

Jawaban : dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik

20. Sebutkanlah isi dari Yohanes 15 : 16 yang juga diangkat oleh Persekutuan Pemuda Gereja Protestan Indonesia di Papua sebagai Motto Gereja ?

Jawaban : Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu.

21. Di dalam kitab Filipi pasal 2 : 19 – 30, Paulus berencana untuk mengirim dua (2) orang pekerja Kristus ke Jemaat Filipi. Sebutkanlah kedua (2) nama orang tersebut?

Jawaban : Timotius dan Epafroditus

22. Dalam Surat Paulus kepada jemaat di Kolose Pasal 4 : 14 ada dua (2) orang yang disebutkan oleh Paulus menyampaikan salam kepada Jemaat. Sebutkanlah kedua nama orang tersebut ?

Jawaban : tabib Lukas dan Demas

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TATA IBADAH PERSEKUTUAN PEMUDA GEREJA PROTESTAN INDONESIA DI PAPUA POLA D

PUJIAN ROHANI PAPUA

PUJI-PUJIAN KEDUKAAN DAN PENYEMBAHAN