PEMANFAATKAN APLIKASI ANDROID PADA ALAT GEOLISTRIK SEBAGAI PENCATAT DATA

ABSTRAK


Kelabora, Lazarus. 2016. PEMANFAATKAN APLIKASI ANDROID PADA ALAT GEOLISTRIK SEBAGAI PENCATAT DATASkripsi Jurusan Fisika Program Studi Teknik Geofisika FMIPA Cenderawasih Jayapura.

Eramodernisasi saat ini, teknologi memegang peran penting.Perkembangan teknologi smartphone pada handphone android memberikan kemudahan dalam aktifitas atau pekerjaan sehari-hari.Android merupakan salah satu sistem operasi open source yang membuka kode sumbernya secara gratis untuk dikembangkan (Developer).Tujuan dari penelitian ini adalah, membuat alat geolistrik sederhana dengan memanfaatkan Aplikasi Android sebagai pencatat dan pengukur nilai Beda Potensial.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau dikenal dengan istilah Research and Development (R&D)yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu. Produk yang akan dihasilkan dalam penelitian ini adalah berbentuk rancang bangun alat geolistrik sederhana dengan pemanfaatan smartphone atau tablet PCbersistemoperasi android dan mikrokontrolersebagai pencatatdan pengukur beda potensial.
Tahap-tahap dalam penelitian ini meliputi, (1) tahap perancangan alat dan aplikasi android, (2) tahap perangkaian, (3) tahap uji coba, (4) tahap analisis data. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil untuk tiap-tiap tahapan pengujian antara lain, (1) Aplikasi android pengukur beda potensial yang berisikan beberapa tampilan antarmukadiantaranya, icon aplikasi, layar utama, dan select BT module, (2) Alat mikrokontroleryang telah dirangkai dengan chip Bluetooth yang berfungsi sebagai transreceiverdata dari mikrokontroler kesmartphone android, (3) Metode geolistrik berbasis android sebagai pencatat dan pengukur beda potensial. Penelitian ini menghasilkan sebuah Alat Geolistrik Sederhana Berbasis Android yang dapat mencatat dan mengukur nilai beda potensial, hasil perhitungan nilai resistivitassemu yang didapat pada kedua pengukuran dengan selisih 2-58 ohm m, perbedaan selisih ini dikarenakan dalam proses pengukuran banyak mengalami kendala atau masalah. Kesimpulan yang didapat dari hasil tersebut alat geolistrik berbasis android dapat mengukur nilai beda potensial.



Kata kunci: GeolistrikModeling, Android, Mikrokontroler, App Inventor





1. HASIL PENGOLAHAN DATA


2. HASIL PENGOLAHAN DATA


3. APLIKASI GEOLISTRIK VIA BLUETOOTH







Komentar

Postingan populer dari blog ini

TATA IBADAH PERSEKUTUAN PEMUDA GEREJA PROTESTAN INDONESIA DI PAPUA POLA D

PUJIAN ROHANI PAPUA

PUJI-PUJIAN KEDUKAAN DAN PENYEMBAHAN